Nama
: Endang Rodiana
NIM
: 30812318
SAINS
MANAJEMEN
Suatu
organisasi atau instansi perusahaan merupakan wadah tempat berkumpulnya
beberapa orang untuk bekerjasama di bawah pimpinan manajer organisasi dalam
rangka mencapai tujuan bersama (organisasi). Organisasi mengubah masukan yang
terdiri dari man, money, material, dan machine untuk
mencapai keluaran terbaik yang bisa berupa suatu produk atau jasa untuk
mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya. Dibutuhkan manajemen sains untuk
membuat kolaborasi masukan tersebut agar mendapatkan keluaran yang maksimum.
Pada
pelaksanaannya seorang manajer dihadapkan pada berbagai batasan-batasan atau
kendala lapangan seperti persediaan bahan baku, tenaga terampil yang terbatas,
biaya yang seadanya, masalah dengan transportasi, tempat penyimpanan stok yang
terbatas dan banyak lagi kendala lainnya. Ini adalah permasalahan yang biasa
terjadi dalam suatu organisasi, solusi yang diharapkan adalah bagaimana
permasalahan tersebut dengan segala keterbatasannya bisa diselesaikan dengan
keluaran yang seoptimal mungkin.
Disinilah
manajemen sains berperan yaitu dengan menerapkan pendekatan ilmiah untuk
memecahkan masalah-masalah manajemen diatas dalam rangka membantu manajer
mengambil keputusan yang paling tepat. Secara ringkas manajemen sains melakukan
pendekatan dengan langkah-langkah sebagai
berikut:
- Melakukan pengamatan atau observasi
- Mendefinisikan masalah-masalah yang ada
- Membuat pemodelan pada masalah-masalah yang telah didefinisikan
- Menentukan solusi model
- Melaksanakan pemecahan model
Langkah-langkah Manajemen Sains:
- Melakukan Observasi: Mengenali dan mempelajari masalah-masalah yang dialami organisasi atau perusahaan agar masalah tersebut dapat dikenali dan bisa diantisipasi sebelumnya.
- Mendefinisikan Masalah: Masalah harus dapat didefinisikan dan dijabarkan dengan singkat, tepat dan jelas. Visi dan misi perusahaan akan sangat membantu dalam mengetahui masalah yang sedang terjadi.
- Membuat Pemodelan: Suatu pemodelan secara manajemen sains yang tepat harus dibuat yang merupakan penyajian ringkas untuk menggambarkan masalah yang sedang dihadapi.
- Menentukan Solusi: pemecahan masalah bisa dilakukan dengan program linear (metoda grafis, simpleks, transportasi, penugasan dan lain-lain), stokastik,, probabilitas dan teknik jaringan lainnya (simulasi, peramalan, persediaan, analisis hierarki dan lain-lainnya.)
- Melakukan perhitungan untuk mendapatkan solusi.
Ada
kalanya satu model manajemen sains tidak memungkinkan mendapatkan solusi
optimal, maka harus digunakan pemodelan yang lainnya agar benar-benar
mendapatkan hasil yang optimal.
Contoh Kasus PT. XYZ (Sistem Informasi
Penjualan dan Pemasaran)
Masalah yang terjadi antara lain:
- Langganan mengeluh.
- Banyak Piutan tidak tertagih.
- Pengendalian Manajemen kurang efektif
Dari subyek-subyek masalah terjadi,
analisis sistem harus dapat mengidentifikasikan kemungkinan-kemungkinan
penyebab terjadinya masalah-masalah ini.
- Masalah yang terjadi adalah langganan mengeluh, dapat diidentifikasikan yang menyebabkan masalah ini adalah karena 2 hal, yaitu:
- Pelayanan yang kurang baik pada pelanggan.
- Barang yang dikirim sering tidak sesuai.
- Masalah yang terjadi adalah banyak piutang tidak tertagih. Masalah ini dapat diidentifikasikan karena beberapa sebab, yaitu:
- Evaluasi pemberian kredit yang kurang benar
- Penagihan piutang yang kurang efektif
- Masalah yang terjadi adalah pengendalian manajemen kurang efektif. Masalah ini dapat diidentifikasikan karena disebabkan oleh kurang tersedianya laporan yang berkualitas.
IDENTIFIKASI
PENYEBAB MASALAH
Nama
Proyek : ________________
Tanggal
: ________________
Dibuat
Oleh : ________________
Disetuji
Oleh : ________________
No.
|
Masalah
yang dihadapi
|
Identifikasi
Penyebab Masalah
|
1
|
Langganan Mengeluh
|
a. Pelayanan Kurang baik pada langganan
|
|
|
b. Barang yang dikirim sering tidak
sesuai
|
2
|
Banyak piutang tidak tertagih
|
a. Evaluasi pemberian kredit tidak benar
|
3
|
Pengendalian Manajemen kurang efektif
|
a. Kurang tersedianya laporan yang
berkualitas
|
IDENTIFIKASI
TITIK KEPUTUSAN PENYEBAB MASALAH
Nama
Proyek : ________________
Tanggal
: ________________
Dibuat
Oleh : ________________
Disetuji
Oleh : ________________
No.
|
Identifikasi Penyebab Masalah
|
Titik Keputusan
|
Lokasi
|
Aplikasi
|
1
|
Pelayanan Kurang baik kpd Langganan
|
a. Penanganan Order Langganan
|
Order Penjualan
|
Penjualan
|
|
|
b.
Proses Pembuatan Order Penjualan
|
Order Penjualan
|
Penjualan
|
|
|
c.
Proses evaluasi kredit
|
Bagian
Kredit
|
Penjualan
|
|
|
d.
Proses pengambilan barang
|
Gudang
|
Penjualan
|
|
|
e. Proses pembuatan dokumen pengiriman
|
Bag. Pengiriman
|
Penjualan
|
|
|
f. Proses pembuatan faktur
|
Billing
|
Penjualan
|
2
|
Barang yg dikirim sering tdk sesuai
|
a. Kebenaran data difaktur
|
Billing
|
Penjualan
|
|
|
b. Kelengkapan faktur yang didukung
laporan pengiriman
|
Billing
|
Penjualan
|
3
|
Eveluasi pemberian kredit yg kurang
benar
|
a. dukungan informasi untuk pemberian
kredit
|
Bagian Kredit
|
Penjualan
|
4
|
Kurang tersedianya laporan yg
berkualitas
|
a. proses pembuatan laporan
|
Akuntansi
|
Penjualan
|
IDENTIFIKASI
PERSONIL-PERSONIL KUNCI
Nama
Proyek : ________________
Tanggal
: ________________
Dibuat
Oleh : ________________
Disetuji
Oleh : ________________
Nama
|
Bagian/Dept.
|
Jabatan
|
Tugas
|
Ibu Eni
|
Order Penjualan
|
Staff
|
- Menerima Order
dari Langganan
- Membuat dokumen
order penjualan
- Membandingkan
dokumen packing slip dengan order langganan
|
Ibu Yeni
|
Order Penjualan
|
Staff
|
- Mengarsip order
langganan
- Memintakan persetujuan
kredit kepada manajer kredit
- Mendistribusikan
order penjualan
|
Bpk Edi
|
Order Penjualan
|
Kepala Bagian
|
- Bertanggungjawab
terhadap pembuatan order penjualan
|
Bpk Jono
|
Bagian Kredit
|
Manajer Kredit
|
- Menyetujui
penjualan kredit dengan menandatangani order penjualan
- Mengendalikan
piutang-piutang yang harus ditagih
|
Penyelesaian masalah diatas harus segera
diselesaikan dengan cara :
- menempatkan SDM yang berkualitas dengan training terlebih dulu.
- terapkan standar oprasional yang sesuai denganketentuan.
- gunakan sistemasi yang unggul.
- memastikan data dengan akurat.
- proses dengan tanggap dan lakukan follow up secepatnya jika ada masalah.
Terima kasih atas penjelasannya
BalasHapus