Minggu, 07 Desember 2014

SAINS MANAJEMEN....yuk Sharing



Nama : Endang Rodiana
NIM  : 30812318

SAINS MANAJEMEN

Suatu organisasi atau instansi perusahaan merupakan wadah tempat berkumpulnya beberapa orang untuk bekerjasama di bawah pimpinan manajer organisasi dalam rangka mencapai tujuan bersama (organisasi). Organisasi mengubah masukan yang terdiri dari  man, money, material, dan machine untuk mencapai keluaran terbaik yang bisa berupa suatu produk atau jasa untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya. Dibutuhkan manajemen sains untuk membuat kolaborasi masukan tersebut agar mendapatkan keluaran yang maksimum.
Pada pelaksanaannya seorang manajer dihadapkan pada berbagai batasan-batasan atau kendala lapangan seperti persediaan bahan baku, tenaga terampil yang terbatas, biaya yang seadanya, masalah dengan transportasi, tempat penyimpanan stok yang terbatas dan banyak lagi kendala lainnya. Ini adalah permasalahan yang biasa terjadi dalam suatu organisasi, solusi yang diharapkan adalah bagaimana permasalahan tersebut dengan segala keterbatasannya bisa diselesaikan dengan keluaran yang seoptimal mungkin.
Disinilah manajemen sains berperan yaitu dengan menerapkan pendekatan ilmiah untuk memecahkan masalah-masalah manajemen diatas dalam rangka membantu manajer mengambil keputusan yang paling tepat. Secara ringkas manajemen sains melakukan pendekatan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
  • Melakukan pengamatan atau observasi
  • Mendefinisikan masalah-masalah yang ada
  • Membuat pemodelan pada masalah-masalah yang telah didefinisikan
  • Menentukan solusi model
  • Melaksanakan pemecahan model
Langkah-langkah Manajemen Sains:
  1. Melakukan Observasi: Mengenali dan mempelajari masalah-masalah yang dialami organisasi atau perusahaan agar masalah tersebut dapat dikenali dan bisa diantisipasi sebelumnya.
  2. Mendefinisikan Masalah: Masalah harus dapat didefinisikan dan dijabarkan dengan singkat, tepat dan jelas. Visi dan misi perusahaan akan sangat membantu dalam mengetahui masalah yang sedang terjadi.
  3. Membuat Pemodelan: Suatu pemodelan secara manajemen sains yang tepat harus dibuat yang merupakan penyajian ringkas untuk menggambarkan masalah yang sedang dihadapi.
  4. Menentukan Solusi: pemecahan masalah bisa dilakukan dengan program linear (metoda grafis, simpleks, transportasi, penugasan dan lain-lain), stokastik,, probabilitas dan teknik jaringan lainnya (simulasi, peramalan, persediaan, analisis hierarki dan lain-lainnya.)
  5. Melakukan perhitungan untuk mendapatkan solusi.
Ada kalanya satu model manajemen sains tidak memungkinkan mendapatkan solusi optimal, maka harus digunakan pemodelan yang lainnya agar benar-benar mendapatkan hasil yang optimal.

Contoh Kasus PT. XYZ (Sistem Informasi Penjualan dan Pemasaran)

Masalah yang terjadi antara lain:
  1. Langganan mengeluh.
  2. Banyak Piutan tidak tertagih.
  3. Pengendalian Manajemen kurang efektif

Dari subyek-subyek masalah terjadi, analisis sistem harus dapat mengidentifikasikan kemungkinan-kemungkinan penyebab terjadinya masalah-masalah ini.
  1. Masalah yang terjadi adalah langganan mengeluh, dapat diidentifikasikan yang menyebabkan masalah ini adalah karena 2 hal, yaitu:
    1. Pelayanan yang kurang baik pada pelanggan.
    2. Barang yang dikirim sering tidak sesuai.
  2. Masalah yang terjadi adalah banyak piutang tidak tertagih. Masalah ini dapat diidentifikasikan karena beberapa sebab, yaitu:
    1. Evaluasi pemberian kredit yang kurang benar
    2. Penagihan piutang yang kurang efektif
  1. Masalah yang terjadi adalah pengendalian manajemen kurang efektif. Masalah ini dapat diidentifikasikan karena disebabkan oleh kurang tersedianya laporan yang berkualitas.


IDENTIFIKASI PENYEBAB MASALAH

Nama Proyek        : ________________                                                     
Tanggal                 : ________________
Dibuat Oleh          : ________________
Disetuji Oleh         : ________________
No.
Masalah yang dihadapi
Identifikasi Penyebab Masalah
1
Langganan Mengeluh
a. Pelayanan Kurang baik pada langganan


b. Barang yang dikirim sering tidak sesuai
2
Banyak piutang tidak tertagih
a. Evaluasi pemberian kredit tidak benar
3
Pengendalian Manajemen kurang efektif
a. Kurang tersedianya laporan yang berkualitas


IDENTIFIKASI TITIK KEPUTUSAN PENYEBAB MASALAH

Nama Proyek        : ________________                                                     
Tanggal                 : ________________
Dibuat Oleh          : ________________
Disetuji Oleh         : ________________

No.
Identifikasi Penyebab Masalah
Titik Keputusan
Lokasi
Aplikasi
1
Pelayanan Kurang baik kpd Langganan
a. Penanganan Order Langganan
Order Penjualan
Penjualan


b. Proses Pembuatan Order Penjualan
Order Penjualan
Penjualan


c. Proses evaluasi kredit
Bagian Kredit
Penjualan


d. Proses pengambilan barang
Gudang
Penjualan


e. Proses pembuatan dokumen pengiriman
Bag. Pengiriman
Penjualan


f. Proses pembuatan faktur
Billing
Penjualan
2
Barang yg dikirim sering tdk sesuai
a. Kebenaran data difaktur
Billing
Penjualan


b. Kelengkapan faktur yang didukung laporan pengiriman
Billing
Penjualan
3
Eveluasi pemberian kredit yg kurang benar
a. dukungan informasi untuk pemberian kredit
Bagian Kredit
Penjualan
4
Kurang tersedianya laporan yg berkualitas
a. proses pembuatan laporan
Akuntansi
Penjualan

IDENTIFIKASI PERSONIL-PERSONIL KUNCI

Nama Proyek        : ________________                                                     
Tanggal                 : ________________
Dibuat Oleh          : ________________
Disetuji Oleh         : ________________

Nama
Bagian/Dept.
Jabatan
Tugas
Ibu Eni
Order Penjualan
Staff
-          Menerima Order dari Langganan
-          Membuat dokumen order penjualan
-          Membandingkan dokumen packing slip dengan order langganan
Ibu Yeni
Order Penjualan
Staff
-          Mengarsip order langganan
-          Memintakan persetujuan kredit kepada manajer kredit
-          Mendistribusikan order penjualan
Bpk Edi
Order Penjualan
Kepala Bagian
-          Bertanggungjawab terhadap pembuatan order penjualan
Bpk Jono
Bagian Kredit
Manajer Kredit
-          Menyetujui penjualan kredit dengan menandatangani order penjualan
-          Mengendalikan piutang-piutang yang harus ditagih
 

Penyelesaian masalah diatas harus segera diselesaikan dengan cara :
  1. menempatkan SDM yang berkualitas dengan training terlebih dulu.
  2. terapkan standar oprasional yang sesuai denganketentuan.
  3. gunakan sistemasi yang unggul.
  4. memastikan data dengan akurat.
  5. proses dengan tanggap dan lakukan follow up secepatnya jika ada masalah.

1 komentar: